Sunday, April 12, 2020


Setiap orang pasti pernah mendapatkan perlakukan yang tidak baik. Perlakukan yang tidak menghargai diri kita. Sehingga menyebabkan rasa percaya diri kita menjadi luntur. Diremehkan, dinyiyirin, dihina secara halus dan lainnya. Tentu hal itu membuat kita berfikir, baper dan rasa percaya diri kita menjadi berkurang. Jadilah kita bertanya-tanya pada diri sendiri. Sedih.. bahkan sampai putus asa.

Diperlakukan seperti itu sama orang lain, rasa percaya diri kita menjadi luntur. Atau langsung menjadi rendah diri. Apalagi oleh diri kita sendiri. Pasti nggak pernah sadar kan kalau ternyata diri kita sendiri juga sering tidak menghargai diri sendiri. Dan akhirnya memebuat kita minder dan tidak percaya diri.

Berikut 5 hal yang membuat rasa percaya diri kita luntur yang disebabkan oleh perlakuan diri kita sendiri.

  1. Selalu mengingat kesalahan masa lalu
    Masa lalu… biarkan masa lalu…. (nyanyi dangdut) hehe.. Tidaklah mudah memang menghapus masa lalu, apalagi hal yang menyedihkan. Dan hal itu menyebabkan kita menyalahkan diri sendiri. “Harusnya aku tidak seperti itu…. Seandainya dulu aku… dan blabla”. Sebenarnya tidak ada gunanya selalu menyalahkan diri sendiri. Masa lalu cukup diterima dan dijadikan pelajaran untuk kita menjadi lebih baik. Bukan untuk menjadikan hal kita menyalahkan diri sendiri.

  2. Harus Selalu Sempurna
    Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Padahal, berharap sesuatu berjalan dengan sempurna akan memperbesar rasa kecewa kita. Ya.. karena memang tidak ada yang sempurna. Kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Dengan menginginkan atau berharap sesuatu berjalan sempurna, dan Ketika itu tidak berjalan sesuai dengan harapan kita. Kita akan merasa sedih, kecewa, hancur. “Aku memang tidak berguna,.. aku udah nggak tahu mau gimana lagi..” mengurung dirilah di dalam kamar. Kita jadi tidak menghargai diri kita sendiri. Tidak menghargai usaha yang sudah kita lakukan.

  3. Fokus pada 1 kelemahan, melupakan 5 kekuatan
    Sudah dibilang, setiap orang memilki kelebihan dan kelemahan. Ketika melihat kelebihan orang lain yang tidak ada pada diri kita, kita menjadi fokus pada 1 kelemahan itu. Sungguh tidak menghargai diri sendiri. Nikmat mana lagi yang kamu dustakan?? Jadilah kita minder. Padahal jika kita tahu kelemahan kita, kita bisa menutupi dengan kelebihan kita. Atau kalau mau kita berusaha mempelajari hal tersebut. 

  4. Mengikuti suara-suara negatif di kepala
    Ada energi negatif dan ada energi positif. Percayalah hal itu. Tinggal kita pilih akan mengikuti yang negatif atau positif. Berfikir negatif boleh-boleh saja asal bisa mengolahnya menjadi energi positif. Tapi kalau berfikir negatif terus, dan membuat kita merasa tidak percaya diri, tidak mengharga diri sendiri, dan tidak mencintai diri sendiri, pastinya kita sendiri yang akan rugi. Kalau kita berfikir gagal, ya bisa jadi kita gagal beneran. Sebaiknya berfikir apa yang menyebabkan kita gagal nantinya dan bagaimana cara mengantisipasinya. Bukan malah nggak karuan ragu-ragu, dan takut jadinya.
Semoga informasi di atas bisa sangat bermanfaat bagi kita yang sering tidak menghargai diri sendiri. Sehingga kita menjadi susah berkembang. Ayo semangat Bersama-sama menjadi lebih baik dari sekarang.

Add your massage to every single people do comment here!

galihakmal . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates