Wednesday, January 8, 2020

Kenapa Seorang Introvert Memiliki Kreatifitas Yang Tinggi

Creativity flourishes in solitude. With quiet, you can hear your thoughts, you can reach deep within yourself, you can focus
-Leo Babauta, Zen Habits

Ketika kita sendiri, kita akan berbicara sendiri, berfikir sendiri dan benar-benar mendengarkan berbagai fikiran yang tanpa batas. Atau bisa disebut out of the box. Saat di bui selama 9 bulan di penjara Sukamiskin Bandung, Soekarno menghasilkan sebuah buku pemantik semangat rakyat; “Indonesia Menggugat”

Haji Abdul Karim Amarullah alias Buya Hamka sempat dipenjara semasa pemerintahan Soekarno dibawah kekuasaan Orde Lama di tahun 1964 karena perbedaan pandangan politik. Namun, selama dipenjara 2 tahun 4 bulan Buya Hamka malah menghasilkan buah pikiran yang fenomenal dan populer, “Tafsir Al-Azhar”.

When I am, as it were, completely myself, entirely alone, and of good cheer–say, traveling in a carriage or walking after a good meal or during the night when I cannot sleep–it is on such occasions that my ideas flow best and most abundantly.
- Mozart

Bahkan Mozart memilki waktu sendiri untuk memunculkan ide nya. ketika sendiri dan merasa perasaann lebih baik atau ketika sendiri melakukan perjalanan dan malam hari tidak bisa tidur. Sedangkan Einsten, dia meiliki waktu khusus sendiri di luar pekerjaannya untuk mendengar apa saja yang ada di kepalanya. Beristirhat sebentar di sela-sela pekerjaannya hanya untuk benar-benar bisa mendapatkan dan berfikir dengan jernih.

On the other hand, although I have a regular work schedule, I take time to go for long walks on the beach so that I can listen to what is going on inside my head. If my work isn’t going well, I lie down in the middle of a workday and gaze at the ceiling while I listen and visualize what goes on in my imagination
-Einsten

Kenapa Seorang Introvert Memiliki Kreatifitas Yang Tinggi
Selain kesendirian adalah salah satu jalan menemukan ide creative, kesendirian bagi introvert adalah waktu untuk Overthinking, self-analysis, daydreaming dan  semua ini adalah sifat yang secara alami dimiliki oleh orang introvert. Karena introvert sedikit kesulitan untuk mengungkapkan pendapat dalam bentul lisa maka Introvert lebih suka berkomunikasi lewat tulisan ataupun karya-karya yang telah dibuatnya.

Sendiri di kamar menghabiskan waktu bercakap-cakap dengan diri sendiri, menuliskan ide-ide atau merumuskan hal dan menyelesaikan yang sedang saya kerjakan. Saat saya sedang mendapatkan pekerjaan yang harus segera saya selesaikan, saya lebih memilih sendiri di ruangan tenang. Atau jika tidak sendiri, ditemani satu atau 2 orang yang juga suka ketenangan. Maka saya akan segera cepat menyelesaikan pekerjaan. 

Tolong digaris bawahi.... hehe
Sebenarnya saya suka di ruang yang sepi saat bekerja atau sendirian,. karena saya akan bisa segera menyelesaikan pekerjaan tersebut dan solusi atau ide pun akan mudah muncul untuk menyelesaikannya. Bukan karena saya tidak suka ngobrol sama teman-teman kerja lainnya. Saya sangat mudah sekali terdistrak dan tidak bisa fokus cepat mengerjakan hal tersebut. Tapi saya akui, memang jika sendirian semuanya terasa jernih dan akan mengalir begitu deras fikiran-fikiran di otak. 

Dari dulu saya sangat suka dengan pagi. Pagi setelah subuh.. atau pagi yang tenang saat sampai di kantor... saat fikiran masih jernih...... Bahkan waktu yang paling enak untuk berfikir jernih dan menderaskan aliran ide-ide di kepala adalah pagi jam 3 setelah sholat tahajud dan tidak tidur lagi. Percayalah... itu waktu yang tepat untuk berada di depan laptop. Hehe.. sayang beberapa bulan ini badan saya sangat lelah dan susah bangun untuk jam-jam tersebut.

Jadi kenapa harus takut, sedih, benci bahkan menyesal atas diri yang intrvorert. Introvert juga memiliki kelebihan kok.  Semangat menjalani hari dan teruslah berkarya.

Add your massage to every single people do comment here!

galihakmal . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates