Thursday, December 12, 2019

Manusia adalah mahluk sosial yang selalu berkembang dan mengikuti kondisi Jaman. Berkembang terus ke arah yang lebih baik, berkembang terus menjadi peribadi yang lebih baik untuk hidup yang lebih bermakna dan berarti tentunya. Karena kita mahluk sosial, kita akan terus berinteraksi dengan lingkungan. Tentu saja kita harus bisa menyesuaikan. Pernahkah teman-teman merasa minder saat bertemu orang banyak? Minder bertemu orang-orang yang menurut teman-teman sangat keren? Ya.. saya juga pernah merasakannya. Sebenarnya hal itu bisa membuat kita memotivasi diri kita menjadi lebih baik. karena setiap orang memiliki porsinya masing-masing, memiliki potensi dan kemampuan masing-masing. Sehingga seharusnya kita juga memilih untuk mengembangkan diri kita agar menjadi pribadi yang lebih baik dan menarik

Berikut 7 Tips Ampuh untuk Mengembangkan Diri kita.

1. Kenali Potensi diri sendiri

Banyak orang yang tidak mengerti cara mengenali potensi diri. Potensi diri bisa dikenali dengan banyak cara, cara yang pertama adalah dengan menemukan apa yang kita suka dan tidak kita suka, kemudian dengan memahami apa yang membuat kita lupa waktu. Karena sesuatu yang membuat kita lupa waktu itu merupakan hal yang kita sukai atau passion kita yang bisa kita kembangkan. Seperti halnya, kita bisa membaca buku hingga lupa waktu. Kita bisa Mengedit Video hingga lupa waktu, dan masih banyak lainnya.

Kita juga bisa mengidentifikasi maslah-masalah yang pernah kita atasi. Kalau kita bisa mengatasi masalah yang serius, bisa jadi itu adalah potensi kita. Misalnya ternyata kita bisa mengatasi masalah mengasih anak, bisa jadi potensi kita adalah parenting karena kita banyak baca tentang parenting sehingga kita bisa mengatasi masalah anak yang dihadapi oleh orang tua, dan masih banyak lainnya.

Jadi intinya yang pertama kita harus mengenali potensi kita kemudian bisa kita kembangkan.

2. Merumuskan Tujuan

Merumuskan tujuan kita itu sangat penting sekali. Karena orang-orang yang memiliki goal pendek, pengembangan dirinya juga pendek. Tapi orang yang memiliki harapan, impian, keinginan, cita-cita yang besar dan penuh dengan komitmen, kita kemudian akan menjadi berupaya dengan sungguh-sungguh untuk mencapai hal-hal tersebut. Memang tidak  mudah untuk menjalani proses mencapai tujuan, karena kita sudah merumuskan sekalian juga tahapan-tahapan untuk mencapai tujuan tersebut. Jadi kita breakdown apa-apa yang harus kita lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Syukur-syukur kita klasifikasikan mana tahapan yang ringan dan yang berat serta tantangan apa yang bakal kita temuin. Wah.. ribet banget ya... tapi ini akan sangat membantu sekali supaya kita semangat mengembangkan diri kita untuk menggapai cita-cita. Bisa juga tujuan kita ditulis besar-besar di kamar. Sehingga setiap pagi dan malam kita bisa mengingat kembali tujuan kita.

3.  Harus menguatkan Niat

Bagaimana pun kita harus sudah siap menerima segala konsekuensi yang ada ketika sudah menetapkan tujuan hidup kita. Banyak orang yang tidak bisa sukses karena mudah sekali goyah, karena sedikit-sedikit berubah, bingung, berubah fikiran, dan tidak berani mengambil sebuah keputusan. Jadi kalau kita sudah menetapkan tujuan hidup kita, kita harus sudah meneguhkan niat dan menerima konsekuensi atas segala keputusan kita. Seperti yang sudah saya sampaikan di point sebelumnya bahwa kita akan menemukan tantangan dalam mencapai tujuan kita, siapkan diri, kuatkan niat untuk teteap teguh menggapai cita-cita. Jalan berkelok itu biasa, yang penting sampai di tempat tujuan.

4. Harus menerima banyak kritikan

Banyak orang yang tidak bisa menerima kritikan. Dikritik seidkit marah, resign dan lain-lain. padahal kritik adalah feedback untuk kita. Kita pilih kritikan yang relevan dan tidak boleh membela diri. Intinya kita harus bisa menerima kritikan. Turunkan ego kita, karena sebenarnya kritikan, masukan, nasehat itu bisa menjadi bahan intropeksi diri kita untuk lebih berkembang dan menjadi lebih baik.

6. Berfikir Positif

Jika kita melihat sesuatu, yaitu sisi positif dan sisi negatif. contohnya adalah saat kita sedang melihat orang berkebut-kebutan dan kita disalip oleh mereka. Kita bisa berfikir positif dengan berfikir bahwa orang tersebut sedang terburu-buru. Jadi pilihlah berfikiri positif kepada apapun dan siapapun. Karena akan membantu kita untuk fokus mengembangkan diri kita. Ketika kita mengalami kegagalan, tetaplah berfikir positif. Berfikir mungkin belum saatnya, ada yang harus dipelajari lagi, ada yang harus di kembangkan lagi sehingga kita siap dan layak untuk menerima keberhasilan.

7. Mencari Lingkungan yang Positif

Kita wajib memlih lingkungan, teman, tontonan, bacaan yang membuat kita berkembang. Jangan hanya memilih hal yang kita suka saja, tapi juga memilih hal yang membuat kita bisa bertumbuh dan berkembang.

8. Harus Mencoba hal baru

Kita tidak mungkin bisa berkembang jika apa yang kita lakukan itu lagi itu lagi. Mencoba hal baru, ketmu orang baru, hobi baru dll karena itu akan membaut kita lebih berkembang. Dan kata Dedy Dahlan, 'Variation keep you alive'

Semoga artikel tips di atas membantu teman-teman untuk tumbuh dan berkembang. Growth your personal life.

Add your massage to every single people do comment here!

galihakmal . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates