HAPzCHQZiEK4l9hTPastXXr1Bnho6RcJrjSfPSfs

Contact Form

Name

Email *

Message *

6 Cara terpenting Belajar Bisnis Online Bagi Pemula

Iklan 728x90

6 Cara terpenting Belajar Bisnis Online Bagi Pemula

Halo semuanya,. Bagaimana kabar teman-teman pembaca. Perkembangan teknologi sekarang ini tentunya sangat mempengaruhi berbagai bidang, khususnya dalam jual beli. Sekarang sedang banyak pengusaha yang melakukan jual beli online. Untuk teman-teman yang seperti saya.. hehee, yang ingin memulai bisnis online tapi masih bingung. Kali ini saya akan berbagi tips tentnag cara terpenting belajar bisnis online. 

Dari pengalaman, membaca dan tentunya podcast-podcast yang tersebar dimana-mana, berikut tips yang terpenting belajar binis online bagi pemula.

1. Find Out Your Passion

Yang pertama, tentunya selain melihat peluang yang ada, kita juga harus berfikir dimana dan apa ketertarikan kita. kalau kita tidak bergairah atau tertarik terhadap apa yang akan kita kerjakan, nanti kita akan merasa terbebani. Pribahasanya adalah, apabila kita mengerjakan apa yang kita suka, kita tidak akan pernah merasa kerja. Jadi ketika nanti banyak halangan dan rintangan menghadang, kita akan tetap tegar, tanggung dan terus berjalan. heheeMisalnya kita memiliki hobinya memasak, tanpa disuruh, pasti kita ingin, suka dan sering masak dan tanpa dibayar.

Kalau di dalam bisnis online yang harus dicari adalah, barang apa atau produk apa yang membuat kita tertarik, dan senang. Contohnya fashion. Ketika kita membahas tentang baju, bahan, model, pemilihan warna dan lainnya kita akan tertarik. Karena kita juga harus paham tentang produk yang akan kita jual. Kita tidak perlu merasa terbebani haru belajar berbagai hal tentang fashion, karena passion dan ketertarikan kita sudah di fashion.

2. Cari Role Model yang sukses

yang kedua Cari contoh, siapa yang sebelumnya sudah berbisnis di bidang fashion dan laku keras, serta bisa menjadi idola kita. Ini penting karena ketika kita tidak punya role model, tidak memiliki pengalaman dan tidak tahu prospeknya seperti apa, ibaratnya kita seperti menulis kertas kosong tanpa ada bayang atau bekal apapun. Masa' iya kita disuruh menggambar Harimau, tapi kita tidak pernah melihat harimau baik gambar ataupun secara nyata.

Tapi ketika, sudah ada orang yang pernah menggambar harimau, kita bisa tiru, istilahnya Teknik ATM. Amati, tiru dan modifikasi. Dan tentunya bisa menjadi inspirasi kita. Dengan adanya role model, kita bisa melihat bagaimana dia memulai bisnis, prospeknya, cara presentasi, membuat content dan lain-lainnya.

3. Pilih Customer 

Yang ketiga adalah Memilih Customer. Tidak semua apa yang kita suka, orang lain bisa suka. Dan sebaliknya. Sebaiknya terlebih dahulu kita melakukan riset kepada orang-orang lingkungan terdekat kita. Kemudian kita buat customer persona. Customer persona ini lebih fokus mengenai customer kita. Misalnya kondisi keuangannya seperti apa, kira-kira beli berapa dalam 1 minggu, tinggal dimana, lingkungannya seperti apa dan lainnya. Karena ini penting saat iklan digital sebagai dasar baik di Facebook, google dan lainnya

4. Pilih Kategori Produk.

tidak cuma 1 produk saja. Misalnya snack, tidak hanya 1 jenis snack. Tapi bisa berbagai snack yang nanti nya bisa dikembangkan di dalam usaha kita

5. Pilih Channel Penjualan

Kalau bisa pilih 1 channel penjualan telebih dahulu. Tidak diberbagai channel karena kita harus fokus terlebih dahulu. mau di instagram, marketplace, website sendiri dan lainnya. karena setiap user memiliki karakter yang berbeda. Misalnya instagram, banyak dari pengguna instagram adalah wanita.

6. Action dan Konsisten

yang terkahir adalah action dan konsisten. Tidak hanya belajar teori-teorinya saja. Tapi kita harus segera action dan konsisten. jangan mengikuti pengalaman kegagalan saya sebelumnya, tidak konsisten bisnis online di marketplace. Ya... akhirya gagal. Tentunya kita harus memiliki semangat yang tinggi serta tujuan yang pasti.

Semoga cara-cara di atas, atau tips-tips di atas bisa membantu teman-teman yang sedang bingung bagaimana cara memulai bisnis online.
Terimakasih.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment