HAPzCHQZiEK4l9hTPastXXr1Bnho6RcJrjSfPSfs

Contact Form

Name

Email *

Message *

Cara Memasang Google Analytic Pada Blogspot

Iklan 728x90

Cara Memasang Google Analytic Pada Blogspot


Setelah bebeberapa bulan blog ini tidak aktif, dua minggu yang lalu saya mengaktifkan kembali. Dan kembali lagi saya daftarkan ke google webmaster atau sekarang lebih terkenal dengan google search console. Selain itu saya juga daftarkan ke google analytic, rencananya mau mulai menganalisis pengunjung yang datang membaca. Setelah beberapa hari saya cek di google search console , data sudah ada, itu artinya sudah aktif terkoneksi. Tapi di google analytic sama sekali tidak ada datanya. Padahal saya sudah  memasang google anaytic pada blogspot.

Yang pertama saya mencari alamat google analytic pada google

Sign Up Akun Google Analytics

kemudian klik judul google analytic yang muncul di bagain paling atas seperti pada gambar di atas.
Ketika muncullah gambar seperti di bawah ini untuk sign up terlebih dahulu.

Seperti yang dijelaskan pada tampilan halaman untuk sign up, bahwa tahapannya adalah sign up terlebih dahulu, kemudian menambahkan tracking code pada blog atau web kita, dan bulan analisis pengunjung-pengujung blog kita. Setelah klik sign up maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Dan mulai kita isi dengan informasi yang sesuai dengan blog atau web kita.


Mengambil id tracking ID

Setelah melengkapi form tersebut, mulai dari nama akun, nama blog, alamat blog, kategori content, sampai dengan zona waktu, saat nya kita mendapatkan kode tracking yang akan kita sematkan pada blog atau web kita. Klik tombol Get Tracking ID yang ada pada bagian bawah, seperti pada tampilan gambar berikut ini.

Setelah klik tombol get tracking code, maka akan muncul google term of service agreement. 

Dan setelah klik tombol accept kita akan mendapatkan tracking id yang nantinya akan disematkan pada blog kita.


Sekarang saatnya kita untuk memasang id tersebut pada blog kita. Seperti biasa masuk ke dashboard dan klik Setting kemudian pilih other.

Yap, cara memasang google analytic pada blogspot tersebut sudah saya lakukan akan tetapi google analytic masih tidak ada datanya selang beberapa hari. Setelah saya berjalan-jalan di dunia maya. ternyata harus ada script yang harus saya tambahkan pada template. Mungkin template nya belum menyediakan script di bawah ini.

<b:include data=’blog’ name=’google-analytics’/>

Untuk lebih lengkap cara menyematkan  script di atas pada template blog kita ada pada postingan selanjutnya ya. Karena postingan ini sudah terlalu panjang.

Semoga tutorial cara memasang google analytic pada blogspot ini bisa membantu teman-teman yang sedang akan memasang google analytic agar bisa menganlisis pengunjung blognya. Semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment