Bulan Ramadhan Bulan Pembelajaran

Malam ini adalah malam terakhir kita tarawih di bulan ramadhan tahun ini. Besok malam kita sudah bertakbir menyambut Hari Raya Idul Fitri. Banyak pertanyaan yang harus disampaikan kepada diri kita. Di ujung bulan ramadhan tahun ini,..
Sudahkah kita khatam Alquran??
Sudahkah kita banyak bersedekah??
Sudahkah kita belajar terbiasa beribadah?

Bulan Ramadhan ini adalah bulan pembelajaran. Bagi saya sendiri, saya jadi belajar shalat isya' tepat waktu. Apakah saya sudah terbiasa shalat isya' tepat waktu? pembuktiannya adalah nanti ketika Bulan Ramadhan ini sudah berlalu dan tidak ada lagi shalat tarawih. Benar saja, di Bulan Ramadhan tahun ini, saya hampir seluruhnya pulang kerja tepat waktu kemudian memasak untuk buka dan sahur nanti malamnya. Dilanjutkan mandi dan menunggu waktu berbuka. Satu lagi, saya jadi terbiasa mandi sore. Ah tahu sendiri, biasanya saya susah sekali mandi sore karena pulang kerja sehabis maghrib. Kita lihat saja nanti ketika bulan Ramadhan telah berlalu....

Ya... Bulan Ramadhan adalah bulan pembelajaran untuk kita. Bulan pembiasaan untuk kita beribadah. Kata orang, kita ibadah hanya musiman saja saat Bulan Ramadhan. Sebenarnya memang bulan ini untuk pembelajaran, semoga ketika bulan Ramadhan berlalu kita akan tetap istiqomah menjalankan ibadah-ibadah seperti di Bulan Ramadhan.

Jangan lupa perbanyak istighfar dan memohon agar amal ibadah kita diterima. Iya amal ibadah kita di bulan ramadhan ini supaya diterima di sisi Allah. Karena ternyata banyak ibadah kita yang tidak diterima hanya karena niat kita. Shalat Tarawih karena malu dengan tetangga kalau tidak shalat Tarawih. Tadarus di masjid karena yang lain juga tadarus di masjid dan lainnya. Semoga kita terhindar dari ibadah yang salah niat. Meski awalnya begitu, semoga nantinya kita bisa benar-benar beribadah Niat karena Allah Ta'ala.

Oke, saatnya kita berintrospeksi dan memperbaiki diri ketika nantinya bulan Ramadhan ini berlalu. Ada perasaan sedih yang sebenarnya muncul di dalam hati. Karena kebersamaan di masjid akan sedikit berkurang. Shalat magrib berjamaah, yang ramai. Shalat Tarawih yang awalnya ramai karena sekarang di penghujung Ramadhan sudah mulai berkurang jamaahnya. Dan banyak lainnya

Semoga kita bisa belajar dan mengambil hikmah di bulan Ramadhan ini.



Add your massage to every single people do comment here!

Click to comment