Apa itu Produk Market Fit dan Bagaimana Cara Mencapainya?


Untuk orang awam seperti saya yang baru saja terjun di dunia startup tentu masih banyak istilah-istilah yang belum saya mengerti. Apalagi kemampuan menghafal saya ini sangat minim. 

Oke kita kembali ke laptop. Salah satu istilah yang belum pernah saya dengar sebelumnya adalah Product Market Fit. kalau di artikan produk pasar yang cocok atau pas. Lalu sebenarnya apa itu product market fit? dan Bagaimana cara mencapainya??

Secara sederhananya menurut pemahaman saya product market fit adalah Kecocokan antara produk dengan Market. Produk kita diinginkan dan dibutuhkan oleh market serta bisa menghasilkan profit. Produk Market Fit sangat penting dilakukan sebelum memulai bisnis. Karena ini adalah sebagai dasar untuk melakukan pengembangan baik produk maupun bisnis. Biasanya banyak pemula mempunyai ide dan membuat produk yang canggih akan tetapi customernya tidak ada, tidak tahu marketnya itu siapa.Percuma memiliki produk yang canggih, team yang hebat tapi tidak ada yang menginginkan produk kita.

Lalu bagaimana cara Mencapai Produk Market Fit??

1. Tentukan Target Market Kita

Yang pertama adalah kita menentukan target market kita atau customer segment yang akan menggunakan produk kita. Dengan melakukan riset pasar akan lebih mudah untuk melakukan tahapan selanjutnya. Setelah itu kita baru bisa melanjutkan dengan menganalisis dan merancang produk dan bisnis model kita. 

2. Kebutuhan Konsumen

Setelah menentukan segment market atau customer kita, barulah kita mulai mencari tahu apa yang masalah mereka dan apa yang mereka butuhkan. Bisa dengan wawancara ataupun survey. Jika kita sudah memiliki MVP (Minimum viable product) atau sebuah produk dengan spesifikasi seminimal dan pembuatan secepat mungkin, namun mampu melayani kebutuhan inti pengguna semaksimal mungkin, mereka bisa kita tawarkan untuk mencoba menggunakannya.  Di tahap ini kita harus benar-benar memahami calon konsumen kita sehingga kita lebih mudah untuk mengembangkan produk

3. Tawarkan Solusi

Setelah kita mengetahui kebuthan konsumen, kita akan lebih mudah menwarkan solusi yang tepat untuk mereka. Baik produk maupun bisnis model yang kita tawarkan. Tidak selesai sampai di sini saja. Akan tetapi kita juga harus melakukan validasi ulang untuk mendapatkan feedback baik dari sisi produk maupun bisnis model untuk pengembangan supaya benar-benar mencapai produk market fit. Dan mulai mencari tahu apakah dengan MVP yang sudah ada atau solusi yang kita tawarkan mereka kira-kira mereka mau membayar.

Dari 3 tahapan di atas, kita harus bisa menerima feedback dan masukan dari mereka. Posisikan diri kita sebagai calon pengguna. Baik dari segi kebutuhan fungsionalitas produk kita, user experience dan bisnis model agar kita benar-benar mencapai produk market fit. Akan tetapi tidak semua apa yang mereka inginkan harus kita penuhi, kita juga harus bisa melihat kondisi  kita. Karena tidak ada yang sempurna, sehingga kita harus menyampaikan apa keunggulan produk kita dibanding lainnya. Mungkin itu saja share pengetahuan dari saya, semoga bermanfaat.





Add your massage to every single people do comment here!

Click to comment