4 Cara untuk mengembangkan Leadership Skill


Pernah jadi ketua kelas? atau pernah menjadi seorang pemimpin dalam suatu komunitas? atau bahkan pemimpin regu dalam suatu kegiatan? Atau pernah menjadi seorang koordinator suatu acara? Sepertinya Leadership Skill atau kemampuan memimpin sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Baik di dalam keluarga maupun di luar, dimanapun itu pasti akan digunakan. Termasuk memimpin diri sendiri.

Seorang Kakak yang harus bisa menjadi pemimpin adiknya, Ibu bagi anak-anaknya, suami bagi anak dan istrinya, dan banyak lagi implementasi skill kepemimpinan dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya dalam dunia kerja saja. 

Ada 4 cara meningkatkan Leadership Skill kita.

1. Memimpin diri sendiri terlebih dahulu

Yang pertama kita harus mengenali diri sendiri, apa yang perlu kita kembangkan. Apakah kedisiplinan? ataukan emosional? setiap orang berbeda dan salah satu cara untuk mengetahui kekurangan kita adalah menanyakan kepada teman dekat kita.

Setelah kita tahu apa kekurangan dan kelemahan kita, saatnya kita belajar untuk memperbaiki atau menyiasatinya. Tentu saja dengan mulai belajar dan terus berproses. Membaca buku, mengikuti pelatihan, workshop dan lainnya sesuai dengan kondisi kita. Selain itu kita juga bisa mencari seorang mentor agar bisa lebih konsisten jika itu memang diperlukan.

Kata pepatah, "Pimpinlah dirimu sendiri sebelum memimpin orang lain"


Cara mengembangkan Leadership Skill

2. Tetap Berkontribusi

Pemimpim bukan berarti bos yang terus memerintah. Pemimpin biasanya bekerja lebih keras daripada orang lain. Dan perlu diingat bahwa pemimpin yang baik itu tidak memerintah orang lain, tapi lebih kepada menginspirasi dan mendelegasi setelah memberi arahan dan menunjukan bagaimana hal itu dilakukan serta percaya bahwa mereka mampu untuk mengerjakannya.

Mungkin pengalaman saya menjadi seorang pemimpin itu sangat minim, akan tetapi saya pernah dipimpin. Dan mereka sangat baik dalam memimpin, sehingga saya merasa termotivasi dan merasa berharga bekerja dengan pemimpin saya. Maka etos kerja saya pun menjadi meningkat. Sudah sangat jelas, mereka menginspirasi

Selain terus berkontribusi, kita harus sering belajar memberi solusi dalam suatu masalah. Bukan malah lari atau melempar permasalahan pada orang lain, apalagi menyalahkan orang lain. Selalu belajarlah mencari jalan keluar jika menemui masalah. Ups... mukan masalah, tapi tantangan. 😃 

Ok, satu lagi. Tidak selalu seorang pemimpin memberikan solusi begitu saja. Akan tetapi men-drive atau mengarahkan dengan pertanyaan-pertanyaan yang bertujuan untuk menjawab solusi yang pada  akhirnya tidak sadar kita itulah jalan keluar dari sebuah tantangan yang sedang dihadapi. Lagi-lagi ini pengalaman pribadi. Ya.. beberapa orang yang pernah menjadi bos saya selalu mengarahkan saya supaya saya bisa menyelesaikan permasalahan yang sedang saya hadapi.

"When someone comes to you with a problem, your job isn’t to solve it for them. Your job is to ask great questions, draw out their inner wisdom, and empower them to solve it for themselves"

3. Harus Tahu Batasan

Pemimpin tidak melakukan semua hal. Kita harus bisa memilah-milah mana yang harus kita lakukan dan orang lain lakukan. Tidak semua permintaan orang-orang sekitar harus kita lakukan hanya untuk menyenangkan mereka atau kita merasa tidak enak. Untuk poin ini, singkat saja karena jelas. Kita sendiri yang bisa menentukan dan membatasi sejauh mana kita bertindak.

4. Jadilah Dirimu Sendiri

ya ya... setiap orang pasti memiliki sosok yang menjadi panutan, inspirator bahkan contoh dalam bertindak. Yap, kita sering sekali terjebak melihat dan meniru bagaimana cara orang lain memimpin sehingga melupakan diri sendiri. Sebenarnya hal itu jangan sampai kita alami, karena setiap kita memiliki kebijaksanaan dan karakter masing-masing. Bahkan tipe kepemimpinan itu pun berbeda-beda disesuaikan dengan kondisi kita. Dan ingat, setiap kita adalah unik.

Dengan kita menduplikasi gaya kepemimpinan orang lain, maka diri kita, bakat kita, karakter kita tidak akan terlihat. Tetap jadi diri sendiri itu yang harus kita ingat. 😃

Yap, 4 cara di atas semoga bisa memberi pencerahan bagi teman-teman yang sedang mengembangkan leadership skill nya. Terimakasih sudah mengunjungi Blog yang sangat acak-acakkan ini. Saya hanya ingin berbagi apa yang saya baca, jalani dan lihat di sekitar. Semoga bermanfaat.


Add your massage to every single people do comment here!

Click to comment