HAPzCHQZiEK4l9hTPastXXr1Bnho6RcJrjSfPSfs

Contact Form

Name

Email *

Message *

Visi Misi Keluarga

Iklan 728x90

Visi Misi Keluarga

keliarga bahagia

Seminggu yang lalu aku mengikuti pengajian Tablik Akbar yang diisi oleh Umi Pipik. Bisa cek di postingan Jangan Pernah Merasa Lebih Baik Dari Yang Lain. Nah selain membahas tentang sifat pemimpin dari teladan Nabi Muhammad dan 4 Poin ahlak penting dalam kehidupan, Umi Pipik juga membahasa tentang Visi Misi Keluarga supaya bisa bertemu kembali di Surga Nya.

Kali ini Umi Pipik menyampaikan Ayat di dalam A1-Qur'an yang menyatakan Visi dan Misi Keluarga. Bahwa, Baik Suami, Istri dan anak-anak harus satu Visi dan Misi yaitu


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًاوَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلائِكَةٌ غِلاظٌ شِدَادٌ لايَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari apineraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganyamalaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadapapa ang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintah- kan. (QS. At Tahrim 66:6)

Dalam surat At-Tahrim ayata 6 Allah memerintahkan kepada manusia untuk menjaga diri dan keluarganya dari siksa apa neraka. Allah memerintahkan manusia untuk menjaga perilaku dan perbuatan dari hal-hal yang telah dilarang dan mengerjakan semua perintah yang diberikan, dengan melakukan hal tersebut berarti kita telah melaksanakan ketaatan yang dapat menjauhkan diri kita dari siksa api neraka. Lebih dari sekedar menjauhkan diri kita dari azab Allah, Ia juga memerintahkan kepada kita untuk menjauhkan keluarga kita dari siksa api neraka. Keluarga merupakan amanat dari Allah yang harus kita lindungi dan kita jangan sampai tersesat ke dalam jurang maksiat dan dosa.

Jika seorang suami ataupun istri HablumminAllahnya baik, maka Hablumminanasnya juga akan baik.
Namun sayang, saat Umi Pipik menyampaikan tentang peran suami dalam implementasi di rumah tangga, aku tidak begitu memperhatikan. Namun dalam implementasi, beberapa peran seorang istri adalah mengikuti perintah suami. Perintah yang tidak melanggar aturan Allah, karena tidak ada kemaksiatan dalam ketaatan. Istri sebaiknya mendoakan suami atau melakukan sholat sunah 2 rakaat saat suami sedang bekerja di luar rumah. Suami dan Istri harus bisa menjadi pakaian terbaik masing-masing, yang artinya jika di dalam rumah tangga terlihat keburukan masing-masing, maka tutuplah aibnya, jangan dicerita-ceritakan kepada orang lain. Seorang Istri harus bisa menjadi madrasah yang baik untuk anak-anaknya. Seorang istri adalah ratu dalam rumah tangga, bukan pemimpin rumah tangga.

tausiyah umi pipik

Dalam rumah tangga, pasangan suami istri adalah mitra Ibadah kepada Allah. sehingga pasangan suami istri dapat bersinergi dan bekerja sama agar keluarga dapat menjadi jalan menuju ridha dan surga yang telah Allah swt sediakan. Bagaimana supaya keluarga dapat menjaga diri dan keluarga dari siksa api neraka seperti tercantum dalam Al-Qur’an Surat At-tahrim ayat 6. Suami, istri, anak, jabatan, dan harta adalah ujian untuk manusia. 

Saya suka sekali tausiyah dari Umi Pipik, karena beliau langsung memberikan contoh dari apa yang beliau sampaikan dalam implementasi kehidupan sehari-hari
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment